Perbedaan Berhijab, Berjilbab dan Berkerudung.

perbedaan hijab dan jilbab

Perbedaan Berhijab, Berjilbab dan Berkerudung- Sahabat KreasiHijab.com yang saya cintai, menutup aurat adalah kewajiban bagi seorang wanita muslimah, tidak ada tawar-menawar. Aurat wanita, sebagaimana yang kita ketahui adalah seluruh bagian tubuh wanita selain wajah dan telapak tangan. Selain itu, kembali kepada hakikat dari aurat sendiri harus kita pahami, Aurat adalah bagian tubuh wanita yang jika dilihat oleh lain jenis (laki-laki) akan menimbulkan dan mengundang syahwat. 

Nah itulah yang dimaksud dengan aurat, sekarang banyak kita lihat, seorang wanita muslim yang mencoba menutupi auratnya dengan berpakaian panjang dan sering mereka sebut dengan jilbab modern namun pada hakikatnya dia tidak menutupi aurat dengan benar, memakai kaos ketat, memakai legging, dan memakai kerudung yang pendek, sehingga lekuk tubuhnya kentara. 

Kami jelaskan kembali, bahwa wanita tersebut hakikatnya tidak menutupi aurat, karena masih memperlihatkan bagian keindahan wanita yang menimbulkan syahwat laki-laki. 

Apakah Hijab Itu? 

Hijab seperti yang dijabarkan dalam ensiklopedia bebas pengertian dalam bahasa Arab yang berarti penghalang. Pada beberapa negara berbahasa Arab serta negara-negara Barat, kata "hijab" lebih sering merujuk kepada kerudung yang digunakan oleh wanita muslim. Namun dalam islam, hijab lebih tepat merujuk kepada tatacara berpakaian yang pantas sesuai dengan tuntunan agama. 

Dalam Al Qur'an pada dua surat Al-Ahzab :59 dan An-Nur :31 disebutkan kewajiban wanita muslim menggunakan hijab: 

Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Al-Ahzab :59)

Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa, jilbab itu harus diulurkan keseluruh tubuh, dalam artian hijab tersebut harus menutupi seluruh bagian tubuh, bukan berarti penutup kepala yang harus panjang, namun pakaiannya yang harus menutupi lekuk tubuh wanita. Nah jilbab inilah yang dikatakan hijab. 

Sementara ini masih banyak yang memberikan pengertian bahwa jilbab hanya sebatas penutup kepala yang banyak digunakan oleh muslimah modern, yang tidak menutupi lekuk tubuh wanita, dan sering disebut dengan kerudung. 

Jangan Salah Artikan 

Dibeberapa bagian Negara, penutup kepala merupakan pakain budaya atau pakain adat setempat, dan terkadang ada sebagian orang yang mengatakan bahwa jilbab merupakan budaya arab, ini salah, karena memakai hijab adalah kewajiban bagi setiap muslimah, seperti yang dijelaskan dalam alquran surat al-Ahzab diatas. 

Jadi, tidak ada alasan agi bagi muslimah untuk memakai hijab atau jilbab panjang, dengan menggunakan hijab bukan berarti kita tidak bisa berkreasi dengan hijab kita.

Perbedaan Berhijab, Berjilbab dan Berkerudung. | androidmokso | 5